Syarat Kambing Aqiqah

Posted on

syarat kambing aqiqahMengenai syarat kambing aqiqah, para ulama berbeda pendapat terutama dalam hal usia kambing. Ada yang memiliki pendapat harus minimal usia dua tahun, dan ada pula yang berpendapat usia satu tahun.

Aqiqah diutamakan dengan kambing domba, namun ada sebagian ulama yang membolehkan dengan kambing jenis apa saja karena tidak ada dalil khusus mengenai persyaratan kambing aqiqah.

Persyaratan kambing aqiqah yang kami sebut di sini merupakan qiyas dari persyaratan kambing qurban. Dan kami kira akan lebih afdhol jika mengikuti syarat-syarat kambing qurban.

Adapun untuk qurban itu sendiri disyaratkan kategori hewan dan usia sebagai berikut :

  • Ats-Tsaniy dari unta merupakan yang telah sempurna berusia lima tahun
  • Ats-Tsaniy dari sapi merupakan yang telah sempurna berusia dua tahun
  • Ats-Tsaniy dari kambing yaitu yang telah sempurna berusia setahun
  • Al-Jadza’ yakni domba yang telah sempurna berusia enam bulan

Dari data di atas, kita ketahui bahwa usia hewan aqiqah berdasarkan jumhur ulama yaitu menyamakan dengan persyaratan hewan untuk qurban. Syarat kambing aqiqah sudah melewati setahun, atau minimal enam bulan.

Syarat kambing aqiqah dari segi kesehatan

Kambing tidak cacat, tidak mengalami kebutaan meskipun cuma sebelah. Tidak pincang yang pincangnya terlihat nyata. Kambing tidak terlalu kurus. Tidak terpotong ekor atau telinga lebih dari sepertiganya. Giginya tidak ompong disebabkan karena usia tua atau sakit. Tidak lumpuh dan tidak gila. Karena kalau gila jadi susah menggembalakannya.

Penyaluran Aqiqah

Penyaluran aqiqah boleh dalam keadaan mentah atau sudah matang. Kalau menggunakan jasa aqiqah DARUL AQIQAH biasanya sudah disembelih, sudah dimasak dan langsung diantar ke pemesan aqiqah.

Pelaksanaan aqiqah boleh dengan mengadakan walimah ataupun sekedar menyalurkannya ke warga sekitar. Lebih bagus lagi jika disalurkan ke fakir miskin dan anak yatim.

Hikmah pelaksanaan aqiqah

  1. Sebagai sarana sosialisasi kabar gembira atas kelahiran anak pada lingkungan sekitarnya.
  2. Sebagai wujud rasa syukur dan kegembiraan atas bertambahnya umat Muhammad Sholallahu ‘alaihi wa sallam.
  3. Dengan aqiqah, akan mempererat ukhuwah di masyarakat
  4. Secara tidak langsung telah ikut meringankan masalah sosial masyarakat dengan berbagi daging kambing aqiqah.
  5. Menghubungkan antara anak dan orang tuanya baik dalam do’a maupun syafaat di hari kiamat.